Halaman

Kamis, 31 Mei 2012

Poster

Kota yang berkelanjutan (Sustainable City) bisa dikatakan merupakan dambaan setiap kota-kota di Indonesia. Kita ketahui bahwa jumlah penduduk Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Namun pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan daya dukung pada kota-kota yang termasuk dalam jumlah penduduk padat. Pada akhirnya hanya akan menimbulkan problem di perkotaan, karena pertumbuhan kota tidak dapat menjamin keberlanjutan (sustainability) kota itu sendiri. Jakarta merupakan salah satu contoh kota yang tidak dapat menjamin keberlanjutan kotanya. Dapat kita lihat kendaraan yang penuh sesak di jalanan Jakarta sering mengakibatkan kemacetan serta sesaknya ruang pemukiman mengakibatkan banyaknya pemukiman kumuh (slum area) di Jakarta.
Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara yang sedang dalam tahap pembanguna pun mengalami hal yang sama. karena tidak sebanding dengan populasi, urbanisasi, industrialisasi dan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat menyebabkan munculnya berbagai masalah lingkungan seperti : polusi udara dari industri dan kendaraan, kurangnya infrastruktur air limbah dan drainase, fasilitas serta manajemen pengelolaan sampah yang tidak memadai. 
Untuk itu marilah kita wujudkan kota-kota di Indonesia menjadi kota yang berkelanjutan dengan langkah-langkah kecil yang dimulai dari diri kita sendiri !! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar